Selasa, 22 Maret 2016

Menanggapi Gempa Dengan Cerdas.

    Gempa yang ketahui merupakan bencana alam yang kita alami atas Kuasa yang Mahakuasa. Kita jangan menganggap Gempa sebagai hal yang menakutkan atau kita menganggap hidup kita akan berakhir. Tetap menganggap Gempa sebagai Hukum Alam yang harus kita terima. Gempa tidak kita hindari atau kita cegah dengan begitu saja. Tetapi tanggapi gempa dengan Cerdas tanpa ada rasa panik, karena jika kita panik kita malah makin stress dan tidak dapat menanggapi gempa dengan Cerdas.

Menanggapi dengan Cerdas dapat lakukan dengan cara yang sederhana seperti:
* pada saat kita disekolah, kita bisa melakukan tindakan dengan masuk ke bawa meja itu salah satu cara sederhana menanggapi gempa dengan cerdas, karena jika kita keluar atau pergi ke lapangan terbuka itu malah akan membuat kita celaka karena berdesak-desakkan dengan orang yang berbondong-bondong untuk keluar.
*pada saat berada di luar bangunan Hindari gedung, tiang listrik, tebing terjal, papan reklame, pohon, dan lain2 yang dapat roboh menimpa Anda.Segera cari area terbuka. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.
*Pada saat sedang mengendarai kendaraan Segera pinggirkan kendaraan di tempat terbuka.Jangan memarkir kendaraan di dekat pohon, tiang listrik, bangunan, dll.Jangan berhenti di atas atau di bawah jembatan.Segera keluar dari kendaraan dan cari tempat terbuka.
*Pada saat berada di dalam kereta apiBerpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadakBersikap tenang dan ikuti petunjuk dari petugas keretaSalah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan
* Pada saat anda Tinggal atau Berada di Pantai, Anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami tampak, segera menuju dataran tinggi.Tanda-tanda tsunami yang umum adalah terjadi getaran sebelumnya, air laut surut drastis, terdengar suara gemuruh, burung-burung beterbangan menjauhi pantai, perubahan gerak angin dan tekanan udara yang tidak biasa, binatang-binatang terlihat gelisah.
*Pada saat anda Berada di Daerah Bukit atau GunungAda kemungkinan terjadi tanah longsor. Menjauhlah langsung ke tempat terbuka. Hindari tebing, pepohonan, sutet, jembatan, dan lain2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar